Tips Mudah Membuat Makalah Untuk Keperluan Sekolah Atau Pekerjaan

Tips Mudah Membuat Makalah Untuk Keperluan Sekolah Atau Pekerjaan


Saat kita masih menempuh bangku sekolah maupun saat menghadapi suatu tugas di tempat kerja, kita biasanya akan membuat makalah sebagai penjabaran terhadap suatu hasil penelitian, pekerjaan ataupun menyangkut hal yang bersifat akademis seperti membuat laporan atau makalah untuk mata pelajaran tertentu.

Tentunya, kita berharap makalah yang kita dibuat isinya akan mudah dimengerti inti pembahasan dari jurnal tersebut oleh orang yang membacanya. Supaya jangan sampai terlalu banyak revisi yang akan banyak menguras waktu kita, diperlukan tehnik dalam pemilihan dan penempatan kata yang kita untuk menghindari kerancuan atau multitafsir dalam memahami suatu kata.

Berikut akan saya kupas tips mudah dalam membuat makalah yang baik


Pilih sofware yang akan kalian gunakan


Microsoft Word and Libreoffice


Saat ini, sudah banyak sofware pengolah kata yang beredar dan mempermudah kita untuk mempelajarinya. Microsoft Word dan Libreoffice saat ini bisa dibilang sebagai software yang populer digunakan untuk membuat makalah. Dewasa ini kedua software ini terus melakukan perbaikan dan penambahan fitur dengan semakin baik agar lebih memanjakan penggunanya.





Pahami penggunaan kaidah Bahasa Indonesia yang baik


pelajari kaidah bahasa indonesia


Penggunaan kaidah bahasa Indonesia yang baik mutlak diperlukan  agar nilai estetika dari makalah tersebut tidak hilang. penggunaan bahasa Indonesia dalam makalah harus mengacu kepada EyD ( Ejaan yang Disempurnakan ) dan EBI ( Ejaan Bahasa Indonesia ) dimana keduanya memuat aturan penggunaan dan peletakan suatu huruf, kata, kalimat hingga paragraf. Seperti contoh kasus misalnya penulisan kota " bogor " yang benar adalah " Bogor " dimana huruf awal B harus menggunakan huruf kapital.


Cari referensi sebanyak-banyaknya  


Referensi penting untuk meningkatkan kualitas makala


Referensi diperlukan untuk memperkaya pengetahuan kita akan tema dan point yang akan kita sampaikan didalam makalah kita. Cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan perbanyak membaca buku atau bisa dengan melihat makalah yang sama temanya dengan yang sedang kalian buat. Karena nanti akan ada satu bagian dalam makalah dimana kalian harus menuliskan sumber referensi yang akan dijadikan rujukan. 

Saat ini, internet pun bisa kalian jadikan referensi yang baik dan yang terpenting yaitu kalian harus bisa menyaring suatu referensi apabila bersumber dari internet. Bisa saja referensi yang dijadikan rujukan tersebut malah diragukan keasliannya bahkan bisa saja hoax.


Lakukan revisi secara berkala


revisi secara berkala


Melakukan revisi terhadap makalah kalian itu merupakan moment yang tepat untuk membaca kembali sambil menemukan suatu kesalahan yang bisa saja terdapat didalam makalah kalian. Supaya hasil revisinya maksimal, mintalah senior atau guru kalian untuk merevisi makalah bersama kalian sebelum makalah tersebut dipersentasikan. namun kalian juga harus membuat target supaya makalah kita bisa selesai tepat waktu sesuai deadline yang diberikan.



Makalah yang kalian buat sebenarnya menentukan seberapa jauh kita memahami terkait pembahasan yang ada dalam makalah kita. Berusahalah untuk selalu update dalam menggali informasi demi meningkatkan kualitas tulisan dalam makalah. Semoga tips mudah dalam membuat makalah bisa membantu kalian dalam menyelesaikan tugas makalah kalian, selamat membaca semoga bermanfaat.


Sumber Gambar :
Gambar oleh Pixaline dari Pixabay 

Gambar oleh Biljana Jovanovic dari Pixabay 

Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Gambar oleh Harinath R dari Pixabay

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Membeli Harddisk Bekas Namun Berkualitas

Review GNOME System Monitor, "Task Manager-nya Linux!!"