Tips Membeli Harddisk Bekas Namun Berkualitas



Harddisk saat ini sudah menjadi sebuah keperluan untuk menyimpan data dengan kapasitas yang lumayan besar. Ditengah kemunculan SSD ( Solid State Drive ) yang merupakan upgrade dari harddisk yang memiliki banyak keunggulan seperti proses kecepatan membaca data melebihi harddisk biasa, harddisk ternyata masih banyak diburu karena dari segi ekonomis bisa dikatakan harddisk masih tergolong murah ketimbang SSD.


Balik lagi ke pembahasan kita, membeli harddisk ternyata tidak harus selalu baru. Karena membeli harddisk itu point yang paling penting adalah disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kalian masing masing.


Berikut bakal saya bagikan gimana cara membeli Harddisk bekas namun tetap berkualitas :



Cek Harga di Situs Jual Beli





Ada kalanya saat kita sedang melakukan tawar-menawar harddisk yang kita inginkan kita bingung dengan harga yang pas tanpa merugikan kalian maupun penjual. Kalau terjadi seperti itu, saya sarankan coba kalian berkunjung ke situs-situs jual beli yang sudah kredibel. seperti facebook marketplace, olx, tokopedia dan lain sebagainya. 


Situs jual online akan memberikan kalian informasi range harga dari barang tersebut. selain itu, situs jual online akan memberikan informasi mengenai spesifikasi dari harddisk sehingga kita sudah memiliki gambaran tentang harddisk tersebut.


Bahkan beberapa toko online menyediakan fitur negosiasi yang mana kita bisa memasukan nominal harga lebih murah dari harga normal.


Telusuri Profil Penjual




Ya ini juga akan sangat vital perannya. Kita juga bisa melihat ulasan dan reputasi si penjual agar lebih yakin bahwa harddisk yang dijual punya kualitas yang baik sesuai dengan deskripsi yang dicantumkan oleh penjual.


Tidak jarang juga penjual yang memalsukan informasi tentang harrdisk yang dijual demi keuntungan bisnis semata. seperti masalah garansi, lama pemakaian dsb. Tanda seorang penjual yang sudah memiliki reputasi yang baik salah satunya adalah bisa dilihat dari banyaknya ulasan dan komentar positif dari para pembeli. Kalaupun ada complain dari pembeli akan langsung ditanggapi oleh penjual dan langsung diberikan solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

 


Perhatikan Merk dari Harddisk




Selalu prioritaskan untuk membeli harddisk bekas. Karena, biasanya jika merk harddisk sudah terkenal akan mempengaruhi kualitas hardisk walaupun bekas. Mereka para perusahaan pembuat harddisk pastinya tidak akan mau mempertaruhkan eksistensinya akan turun diakibatkan proses produksi yang tidak memperhatikan kualitas produk mereka. merk seperti WD, Seagate dan Toshiba merupakan merk harddisk yang pada umumnya sudah beredar di pasaran. 


Tapi, tidak menutup mungkinan merk-merk lain juga memiliki kualitas yang juga baik selama kita membelinya di toko resmi atau gerai yang ditunjuk langsung oleh produsen agar saat terjadi hal yang tidak diinginkan kita bisa langsung ajukan claim. 


Bijak dalam Menentukan Metode Pembayaran




Di zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang, kita saat dirumah kita pun sudah bisa berbelanja secara online tanpa perlu repot lagi keluar rumah. Ditambah sedang terjadi pandemi COVID-19 yang mana pemerintah menganjurkan masyarakat untuk sebisa mungkin menahan keluar rumah kecuali ada keperluan yang amat mendesak.


Saat ini, metode pembayaran saat membeli barang pun banyak macamnya, yang terbaru ada metode transfer dan COD ( Cash On Delivery ). tentu saja kedua metode tersebut punya keunggulan dan kelemahan masing masing.

 


Transfer

Keunggulan :
 
1. Proses lebih cepat
 
2. Terhindar dari tindak pencurian
 
3. Aman dari pemalsuan uang


Kelemahan :
 

1. Barang tidak bisa dicek langsung
 
2. Jika tidak teliti sering terjadi penipuan
 
3. Resiko serangan hacker
 

COD ( Cash On Delivery )

Keunggulan :
 

1. Kita bisa melihat kondisi real barang sebelum membeli
 
2. Tidak perlu waktu lama untuk menunggu barang sampai oleh kurir
 
3. Bisa negosiasi harga langsung dengan penjual


Kekurangan :
 

1. Masalah pada ketepatan waktu yang bisa saja terjadi diakibatkan oleh penjual seperti mengulur waktu, tidak tepat janji dsb
 

2. Biasanya hanya berlaku untuk pembelian dalam kota saja


 

Mungkin sekian tips yang saya bisa berikan, semoga tips yang saya berikan ini bisa bermanfaat buat kalian. tidak semua barang baru itu memiliki kualitas bagus dan tidak semua barang bekas itu kualitasnya rendahan ya teman. kalo kalian punya tips lain yang bermanfaat boleh di share di kolom komentar dibawah.







Sumber Gambar :

Gambar oleh Emilian Robert Vicol dari Pixabay

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review GNOME System Monitor, "Task Manager-nya Linux!!"

Tips Mudah Membuat Makalah Untuk Keperluan Sekolah Atau Pekerjaan