Secuil Kertas Penyebab Kipas Berisik pada Laptop Asus



Pengalaman ini saya tulis kebetulan karena teman saya ini saat sedang mengerjakan tugas sekolahnya, waktu itu dia mengerjakan laporan Prakerin yang sudah mau mepet dengan deadline yang telah ditetapkan. So, simak sampai selesai ya kawannn......


Jadi saat sedang mengerjakan tugas laporannya, teman saya ini merasa sangat mengganggu sekali dengan suara - suara aneh di laptop Asus miliknya, kalau tidak salah tipenya Asus X455L ( lupa saya foto tipe laptopnya karena langsung buru - buru saya eksekusi troublenya ) yang mana selalu mengeluarkan suara bising dari fan.


Selain itu, dibarengi dengan temperatur laptop yang menjadi lebih panas karena aliran udara panas hasil pendinginan prosesor yang seharusnya keluar malah tertahan oleh kotoran yang menempel pada fan. Sepertinya memang sudah ketahuan penyebabnya tidak akan jauh dari :


1. fan kipas kotor

2. pasta dari prosesornya yang memang sudah mengeras


Langsung saya ambil beberapa peralatan sederhana saya seperti obeng plus dan kuas / sikat gigi bekas. dan mencoba untuk membongkar laptop teman saya ini. 
Berikut ini beberapa step yang saya lakukan untuk mengatasi kipas berisik pada laptop :


1. Buka casing laptop terlebih dahulu
( ga ada fotonya )

2. Copot semua kabel yang menempel pada hardware seperti kabel flexible keyboard, kabel wifi card dll
( lupa difoto )

3. Setelah itu, saya melirik ke bagian fan


4. Bersihkan fan dengan kuas atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai



Pada saat saya membersihkan fan dengan kuas, saya pun kaget karena ada kertas yang menempel di fan seperti kertas label. Langsung saja saya buang dan lanjutkan membersihkan semua debu yang menempel.


5. Setelah beres, saya pasang kembali fan dan semua hardware dengan baik


Setelah semua step diatas beres, teman saya mengambil kembali laptopnya dan langsung dicoba. Ternyata fan sudah tidak berisik lagi dan temperatur laptop menjadi lebih adem dari yang sebelumnya.


Mungkin sekian cerita yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.
 


Sumber Gambar

Gambar oleh 377053 dari Pixabay

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Membeli Harddisk Bekas Namun Berkualitas

Review GNOME System Monitor, "Task Manager-nya Linux!!"

Tips Mudah Membuat Makalah Untuk Keperluan Sekolah Atau Pekerjaan